Tips Merawat Tanaman Hias Untuk Pemula

Merawat Tanaman Hias
Tips Merawat Tanaman Hias Untuk Pemula
Untuk kalian yang senang berkebun tentu saja aktivitas merawat tanaman hias dapat menjadi hobi yang mengasyikan untuk Anda jalani tersebut. Bisa kita bayangkan, dimulai dengan membeli benih, kemudian menanam benih tersebut sampai merawat tanaman tentu saja ada kepuasan tersendiri pada diri kita yang memiliki hobi berkebun. Namun bagi pemula tentu saja masih ada banyak yang belum paham betul tentang bagaimana cara merawat tanaman hiasdi lingkungan rumah.

Cara Merawat Tanaman Hias Untuk Pemula

Merawat tanaman hias di rumah memang dapat menjadi sebuah pekerjaan yang lumayan ribet dan bisa menyita waktu jika kita tidak mengetahui bagaimana cara melakukannya dengan benar. Padahal sebenarnya, untuk cara merawat tanaman hias ini cukup mudah dan tidak menyita banyak waktu kok. Terlebih lagi bagi anda yang memiliki hobi berkebun atau merawat tanaman tentu saja anda akan senang melakukan kegiatan seperti ini. Untuk itu, berikut adalah beberapa cara merawat tanaman hias untuk pemula yang wajib anda ketahui.

1.     Pilih Jenis Tanaman Yang Ideal

Cara merawat tanaman hias yang pertama tentu saja anda harus memilih jenis tanaman hias yang ideal terlebih dulu. Usahakan untuk anda yang masih pemula dalam hal merawat tanaman hias, pilihlah tanaman hias yang bisa tahan banting atau tidak membutuhkan terlalu banyak air serta dapat bertahan dalam berbagai kondisi apapun termasuk dalam kondisi cahaya matahari yang minim. Anda bisa memilih lidah buaya, sirih gading, daun dolar, lidah mertua dan masih banyak lagi tanaman hias yang tahan banting. Sobat bisa baca artikel saya sebelumnya yaitu Jenis-Jenis Tanaman Hias

2.     Penuhi Kebutuhan Sinar Matahari Dan Air

Walaupun anda telah memilih tanaman hias yang mudah dalam hal perawatanya, namun anda tetap harus memenuhi kebutuhan sinar matahari dan kebutuhan air dari tanaman hias yang anda pilih tersebut. Perlu anda ketahui bahwa pada dasarnya kebutuhan dari tanaman adalah sinar matahari dan air. Porsi air harus anda perhatikan, usahakan jangan terlalu banyak dan jangan terlalu sedikit karena jika terlalu sedikit bisa membuat tanaman menjadi kekeringan. Sebaliknya jika kita menyiram tanaman dengan terlalu banyak air maka bisa membuat akar tanaman hias menjadi membusuk.

3.     Jaga Kebersihan Pot Dan Sekitar Tanaman

Cara merawat tanaman hias berikutnya adalah dengan menjaga kebersihan di sekitar tanaman, pot dan juga menghindari tumpukan sampah terutama sampah plastik yang ada di sekitar tanaman hias kita tersebut. Hindari membuang air bekas soda atau teh ke dalam pot, hindari juga membuang puntung rokok karena bisa membawa dampak buruk untuk tanaman hias anda.

4.     Antisipasi Hama dan Penyakit Sejak Dini

Berikutnya anda harus bisa mengantisipasi hama dan penyakit tanaman hias sejak dini. Cara mengantisipasi hama misalnya adalah dengan menjaga kualitas tanah dengan cara memberikan nutrisi yang organik seperti pupuk kompos atau pupuk alami secara rutin. Anda juga harus memangkas tanaman atau rumput liar yang tumbuh di sekitar tanaman yang berpotensi bisa mendatangkan hama dan penyakit untuk tanaman.

5.     Potong Tanaman Yang Layu Atau Terserang Penyakit

Jika tanaman hias anda memiliki bagian yang sudah terlanjur terkena penyakit atau mati, sebaiknya Anda harus segera memangkas bagian tanaman tersebut. Hal ini bertujuan agar penyakit tidak menyebar ke bagian tanaman lainnya yang masih hidup dan tidak menyebar dengan cepat.

Leave a Reply