Wajib Tahu Inilah Ciri-Ciri Hard Disk Bad Sector pada Laptop

Wajib Tahu Inilah Ciri-Ciri Hard Disk Bad Sector pada Laptop
Wajib Tahu Inilah Ciri-Ciri Hard Disk Bad Sector pada Laptop
Dalam kesempatan ini saya akan berbagi pengalaman ciri-ciri hard disk anda bad sector. Mungkin ada banyak yang kurang tahu ciri-ciri hard disk bad sector itu seperti apa. Lewat artikel sederhana ini saya sampaikan kepada sobat semua apasih sebenarnya bad sector itu?
Bad Sector adalah keadaan hard disk atau kondisi hard disk sudah mulai melemah dan akhirnya tidak bisa booting OS. Tentunya hal ini kita semua tidak menginginkan hard disknya bad sector. Tapi yang namanya barang elektronik kalau kita tidak bisa memakainya maka cepatlah barang itu rusak. Hard disk tergolong komponen yang sangat penting di dalam laptop.

Kenapa ?

Perlu anda ketahui dulu, kenapa hard disk merupakan komponen yang sangat penting di dalam laptop alasannya adalah karena hard disk inilah yang nantinya sebagai media penyimpanan semua data yang berkafasitas besar seperti: OS (windows 7,8,9,10) dan aplikasi. Hal yang terpenting disini ketika hard disk anda rusak atau bad sector adalah laptop anda akan sulit booting atau tidak bisa masuk windows.

Terus bagaimana dengan datanya yang saya simpan di drvie D?

Ini merupakan hal yang sangat sulit untuk di jawab, kenapa? Karena kalau hard disk sudah rusak atau bad sector otomatis data anda akan hilang juga, tergantung seberapa persen kerusakan atau bad sector pada hard disk anda, jika bad sector masih dalam keadaan hidup dan bisa di baca makan 35% data anda masih bisa di selamatkan. Maka saran saya sih anda harus mengetahui ciri-ciri hard disk bad sector itu seperti apa. Jika anda sudah mengetahuinya dengan kondosi hard disk maka cepatlah melakukan backup data anda. Supaya nanti ketika hardis rusak atau bad sector anda akan tidak bingung lagi dengan data anda.

Cara cek Hard disk Rusak atau Tidak Bagaimana?

Ok saya akan memberikan caranya melalui CMD ini adalah cara sederhana yang bisa anda lakukan dengan mudah. Langkahnya:
  • Ketik CMD di kolom pencarian pada toolbars
  • Kilik kanan dan run administrator
  • Ketika sudah masuk ke jendela Administrator: Command Prompt ketik CHKDSK kemudian enter
  • Tunggu sebentar sampai 5- 6 menit
  • Jika sudah selesai prosesnya maka akan menampilkan seperti gambar di bawah ini
Cara cek Hard disk Rusak atau Tidak
Cara cek Hard disk Rusak atau Tidak
Informasi pada gambar bahwa bad sector adalah 0 itu artinya hard disk anda masih aman dan ketika sudah tidak aman maka akan terlihat angka bad sector.
Setelah mengecek hard disk anda rusak atau bad sector, anda juga harus mengetahui Ciri-ciri Hard disk Bad Sector.

Ciri-Ciri Hard Disk Bad Sector

Sebelum memutuskan untuk membeli hard disk yang baru ketika hard disk anda bad sector perlu anda ketahui cirinya yaitu:

Laptop Anda Menjadi Lambat

Ciri-ciri keadaan hard disk anda rusak atau bad sector adalah kinerja latop menjadi lambat, sering hang ketika membuka aplikasi (Not Responding). Hal ini juga bertanda ketika anda pertama menghidupkan laptop pada saat booting pun akan susah atau memakan waktu kurang lebih 3-5 menit baru bisa ke windows, bahkan ketika sudah berada di windows untuk mulai mengoprasikan laptop pun harus menunggu keadaan aplikasi siap untuk di jalankan. Terkadang jika hard disk sudah bermasalah melakukan refresh pun agak lambat.

Muncul Tulisan Preparing Automatic Refair

Biasanya muncul Preparing Automatic Refair ketika pertama kali menghidupkan laptop, hal ini terjadi ketika keadaan hard disk sudah ada tanda-tanda kerusakan, maka anda cepatlah melakukan backup data untuk mengamankan data penting anda.

Keluar Bunyi/Suara Klecek Klecek

Keluarnya bunyi ini adalah menandakan hard disk anda sudah mulai rusak atau bad sector. Jika hard disk anda masih normal tidak akan ada suara klecek,klecek, klecek pada hard disknya, begitu juga sebaliknya ketika smber suaranya berasal dari hard disk suara klecek,klecek,klecek maka kemungkinan besar hadisk anda rusak atau bad sector.

Terjadi Unmountable Boot Volume

Unmountable Boot Volume adalah kerusakan hard disk yang sudah hampir parah, dimana hardis sudah tidak kuat lagi untuk melakukan booting ke windows hal ini terjadi ketika menghidupkan laptop tiba tiba layar biru dan berisi tulisan (silakan artikan sendiri) yang jelas itu adalah informasi hard disk yang sudah rusak atau bad sector.
Itulah ciri-ciri hard disk bad sector menurut pengalaman yang saya alami pada laptop pribadi saya. Hal ini tentu mencengkelkan. Untuk itu anda harus mengetahui ciri-ciri hardis bad sector. Dapat saya berpikiran, Kok bisa ya hard disk saya rusak padahal tidak pernah jatuh?  Asal anda tahu hard disk itu bisa rusak bukan karena terjadi karena dapat terjatuh saja, melainkan juga karena fisik hard disk sudah lama atau sudah tua.

Penyebab hard disk bad sector

Dari segi fisik

  • Hard disk sudah tua
  • Magnetik dari piringan hard disk sudah rusak sehingga tidak dapat bekerja dengan baik atau tidak dapat menyimpan data dengan baik.
  • Terjadi gesekan antara piringan hard disk dengan head hard disk sehingga head menjadi terluka. Hal ini biasanya terjadi karena ada getaran pada hard disk anda.
  • Penyimpanan data kurang teratur, biasanya hard disk menjadi banyak melakukan proses untuk mengambil data yang kita butuhkan apalagi dengan data yang penempatannya kurang teratur. Hal inilah juga dapat mendjadi pemicu hard disk bad sector.
  • Human eror
  • Tegangan overload

Dari segi software

  • Terlalu banyak menginstal aplikasi yang bisa menghabiskan Ram anda, hal yang jarang di ketahui adalah menginstal aplikasi atau add ons browser untuk kebutuhan yang lainnya. Contohnya menginstal Mozbar, Cryptotab dan jenis lainnya. Karena add ons ini selalu bekerja di belakang layar artinya aplikasi ini bekerja tetapi tidak kelihatan. Makanya anda harus hati-hati ketika mau menginstal aplikasi.
  • Membuka banyak aplikasi, jikalau anda ingin membuka banyak aplikasi sesuaikan dengan spesifikasi laptopnya agar tidak hang.
  • Matikan laptop secara tidak benar, banyak orang yang menggunakan laptop itu tidak mau menunggu proses mematikannya asal pencet tombol on off atau powernya dan langsung menutup laptop padahal laptopnya masih dalam keadaan hidup/menyala.
  • Mematikan laptop secara paksa.
  • Sering menghidupkan mode sleep, menghidupkan mide sleep sebenarnya sangat berbahaya, karena dalam keadaan sleep pun hardis tetap bekerja.

Solusi Ketika Hard disk Bad Sector

Sebenarnya ketika hard disk anda sudah terlanjur bad sector atau rusak makan jalan satu-satunya adalah mengganti hard disk dengan yang baru, dan backuplah data anda dengan menggunakan konektor USB external dengan catatan hard disk masih mempunyai nyawa, artinya hard disk masih bisa ke baca di laptop.
Oke sahabat ku mari kita sahred artikel ini siapa tau ada yang membutuhkan Ciri-Ciri Hard Disk Bad Sector. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua dan jangan lupa tinggalkan komentar jika anda masih bingung dengan penjelasan saya, Saya mohon maaf jika ada salah kata.

Leave a Reply