Tips Aman Melindungi Akun Zoom Dari Penyusup

Tips Aman Melindungi Akun Zoom Dari Penyusup
Tips Aman Melindungi Akun Zoom Dari Penyusup
Zoom saat ini tengah menjadi perbincangan di kalangan orang yang dimana ZOOM menjadi alat untuk bekerja dan belajar dari rumah di tengah pandemi Covid- 19. Aplikasi ini menjadi populer saat ini namun di samping boomingnya aplikasi ini ada sistem keamanannya yang masih bisa di susupi. Nah kenapa Zoom banyak di pilih oleh orang untuk bekerja dan belajar? salah satu alasannya yaitu aplikasi ini sangat praktis dan mudah digunkan, tapi jangan salah aplikasi ini mudah digunkan bukan berati aman. Terus bagaimana caranya agar pas disaat menggunakan zoom ini  terhindar dari zoombombing?

Zoombombing

Apa sebenarnya zoombombing? Zoombombing adalah istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan aksi penyusupan di tengah telekonferensi yang dilakukan lewat aplikasi Zoom.
hal ini bisa diatasi dengan menseting atau mengaturnya lewat fitur yang sudah di sediakan oleh platform zoom.

Bagamana Cara Melindungi Akun Zoom dari Penyusup?

Cara yang paling mudah adalah jangan membagikan link tautan zoom secara bebas kepada orang. Dengan begitu penyusup lebih gampang untuk masuk ke telekonferensi anda.

1. Matikan fitur fitur

Cara ini bisa ada lakukan ketika anda sudah masuk ke situs zoom dan login. Klik menu “setting” tepat berada di kiri layar zoom. Kemudian anda bisa mematikan fitur fitur tersebut:

– Embed Password in Meeting Link for One-Click Join. 

Fitur ini mengenkripsi password di tautan undangan meeting. Sehingga memudahkan peserta untuk bergabung, cukup dengan mengklik tautan tersebut. Dengan mematikan fitur ini, peserta harus memasukan password lebih dulu untuk bergabung dalam telekonferensi. Tanpa password peserta tidak akan bisa bergabung.  

– Screen sharing (berbagi layar) 

Ini adalah salah satu fitur favorit, terutama untuk rapat online. Fitur ini memungkinkan host dan peserta berbagi layar selama telekonferensi. Fitur ini bisa dimatikan untuk peserta dan hanya mengizinkan host yang berbagi layar. Hal ini bisa mencegah terjadinya zoombombing.

-Remote Control

Fitur ini sebaiknya di nonaktifkan karena fitur ini bisa digunakan untuk mengontrol zoom yang sedang berjalan.

-File Transfer

Fitur ini digunkan untuk peserta berbagi file atau mengirim file  di chatroom. jika anda tidak ingin ada orang yang membagikan fle yang berbahaya sebaiknya menonaktifkan fitur ini.
Bisa juga memilih jenis format file tertentu dengan memilih “Only Allow Specified File Types” untuk mengontrol jenis file yang bsia dibagikan.

– Allow Participants to Rename Themselves 

Mematikan fitur ini akan mencegah zoombomber mengganti nama serupa peserta Zoom yang resmi. 

– Join Before Host 

Fitur ini memungkinkan peserta masuk lebih dulu sebelum host memulai meeting. Tentu saja, membuat pintu lebih awal akan memudahkan zoombomber masuk dan membuat masalah saat telekonferensi. Fitur ini sebaiknya di matikan dulu.

– Allow Removed Participants to Rejoin 

Fitur ini memungkinkan peserta yang telah “diusir” host untuk kembali bergabung dengan telekonferensi.

2. Fitur yang Diaktifkan 

Selain mematikan beberapa fitur, anda juga bisa mengaktifkan fitur lain yang baiknya diaktifkan. Pengaktifan fitur ini juga dilakukan di menu “setting”. 

– Mute Participants Upon Entry

Dengan mengaktifkan fitur ini peserta akan diam tidak bersuara, fitur ini bisa aktifkan ketika host tidak mengizinkan peserta berbicara dan ketika host menonaktifkan fitur ini maka peserta boleh berbicara.

-Identify Guest Participants in the Meeting/Webinar 

Dengan mengaktifkan fitur ini, peserta resmi yang memang diundang dalam meeting, bisa mengidentifikasi jika ada peserta tak diundang masuk ke dalam meeting.

– Waiting Room 

Fitur ini membuat host lebih bisa mengontrol siapa yang boleh dan tidak boleh masuk ke webinar. Apabila fitur ini diaktifkan, peserta yang akan masuk harus menunggu host menerima mereka masuk ke Zoom meeting. 

– Require a Password When Scheduling New Meetings

Fitur ini akan memaksa peserta masuk pertemuan online dengan password yang dibagikan oleh penyelanggara.
Nah itulah pengaturan yang perlu anda lakukan untuk terhidar dari orang orang yang tidak bertanggung jawab. Semoga anda bisa berbagi keteman lainnya. 
@kompas.com @monzatech.net

Leave a Reply