8 Tips Ampuh untuk Mengatur Waktu

8 Cara bagi Store Head Untuk Mengatur Waktu


Store Head yang tak bisa mengatur waktu, tandanya belum menjadi yang terbaik!



di hari Ini yang penuh semangat ini, Saya ingin membagikan artikel lagi nih dengan kalian semua, simak baik-baik yaa!! 
Tak sedikit dari kita yang masih bingung untuk mengatur waktu. Selalu ada saja hal-hal yang terlewat hingga dikerjakan secara buru-buru kemudian membuat kita pusing sendiri. Nah, di bawah ini ada berbagai tips yang bisa digunakan oleh para Store Head atau yang lainnya untuk merencanakan kegiatan dan mengatur waktu.



8 Tips Ampuh untuk Mengatur Waktu
8 Tips Ampuh untuk Mengatur Waktu


1
Membuat Perencanaan Bulanan, Mingguan, dan Harian
Perencanaan itu penting lho! Dengan menetapkan perencanaan pekerjaan setiap bulan, setiap minggu, dan setiap hari, kita bisa menjadi orang yang teliti. Sebelum memulai hari, minggu, atau bulan, tetapkan rencana untuk diri sendiri. Dengan begitu, kita selalu bisa mendahulukan yang mendesak dan penting daripada hal yang tidak mendesak dan tidak penting, supaya waktu kerja menjadi lebih efektif.
Dalam rencana harian, mingguan, dan bulanan tersebut, sebaiknya ada pula pengembangan rencana penjualan, rencana training karyawan dan bimbingan perencanaan. Jangan lupa juga untuk membuat analisis user dan kompetitor, dengan ini kita bisa mempunyai perencanaan yang jelas dan lengkap tentang apa yang akan dilakukan untuk selanjutnya. 



2
Mengerjakan Hal yang Tepat di Waktu yang Tepat

Sadarkah kalau kita selalu dapat memecahkan masalah yang sulit dan menguras tenaga di waktu-waktu tertentu? Ada kalanya kita berpikir keras tetapi tetap tidak mendapatkan jalan keluar dari masalah tersebut. Maka dari itu kita harus mengetahui jam biologis diri dalam memecahkan masalah agar waktunya jadi lebih efisien. Tingkatkan kepekaan akan hal ini, karena bila Store Head dapat meningkatkan manajemen dirinya sendiri, maka kemampuan bersaing store juga akan meningkat.



3
Atur Rencana Kerja 

Biasanya ini adalah tugas dari seorang Store Head. Dengan adanya rencana ini, maka mengontrol pekerjaan sehari-hari akan lebih mudah. Sementara  para promotor yang menjalankan rencana tersebut, ia bertanggung jawab atas bagian perencanaan, bagian pelaksanaan, bagian kesimpulan akhir dan ditambah dengan follow up dan pembinaan. Dan tentu saja Store Head bertanggung jawab atas hasil akhir agar tidak jauh dari perencanaan.



4
Melakukan Pembagian Tugas
Pekerjaan yang besar seperti pembukaan store baru, perubahan pola store, menyesuaikan struktur produk, tentu saja tidak bisa dilakukan seorang diri dan saja hal-hal seperti ini ini terlebih dahulu harus dibagi menjadi beberapa bagian. Store head memastikan waktu pekerjaan setiap bagiannya dan karyawan yang bertanggung jawab, kemudian melaksanakannya sesuai dengan tugas masing-masing. Di akhir  hari juga memeriksa kesimpulan dengan tepat waktu sembari terus menerus memberi motivasi.



5
Mengetahui Apa yang Harus dilakukan Sebelum Memulai Hari 

Untuk hal ini, sebenarnya kita hanya perlu mempersiapkan rencana kerja harian sebelum memulai hari. Hal ini dilakukan agar dapat memahami dan mengontrol penuh pekerjaan, tidak lupa juga siapkan kemungkinan akan pekerjaan yang tertunda yang dapat membawa dampak yang tidak menguntungkan. Usahakan pula untuk menjalankan rencana dengan sesuai, dan dapatkan hasil akhir tidak yang tidak berbeda dengan rencana sebelumnya bahkan hasilnya lebih baik. 



6
Yang Hari Ini Harus Selesai, dan Lebih Baik dari Kemarin

Setiap hari kita harus selalu berusaha sekuat tenaga untuk membuat target pada hari itu tercapai. Dan berusaha untuk tidak lembur, soalnya kinerja saat lembur tentu akan menurun.  Hal ini dilakukan tentu bertujuan untuk meningkatkan pelayanan store. Kerjakan tugas kita sampai selesai setiap harinya, lalu buatlah evaluasi dari keberhasilan dan kegagalan dalam hari itu supaya esok hari selalu lebih baik.



7
Mengurai Masalah dan Menyatukan Tujuan
Ketika pekerjaan mulai rumit, tentu harus diuraikan. Hal ini dilakukan dengan mengubahnya menjadi bagian-bagian sehingga dapat dipahami dan diselesaikan satu per satu. Contohnya saja mengecek waktu tanggal penyimpanan, memelihara kebersihan, mencegah kerugian store, dan lain sebagainya.
Kebalikannya, kita juga harus bisa memahami bahwa semua pekerjaan yang dilakukan merupakan satu kesatuan untuk sebuah tujuan besar yang akan memberikan manfaat bagi keseluruhan. Dan tentu untuk bisa melakukan hal ini diperlukan proses belajar yang terus meneru yang tanpa lelah. Walaupun sulit, yakinlah nanti prestasi kita akan membuat orang-orang terkejut.



8
Biasakan Mencatat dan Mengevaluasi Pekerjaan Sebelum Tidur

Pengalaman adalah guru yang terbaik. Biasakan diri untuk mencatat dan mengevaluasi diri sebelum tidur malam. Karena dengan melakukan hal tersebut kita dapat belajar dari apa pengalaman di hari itu. Konsistensi juga harus diterapkan agar skill menjadi meningkat dibandingkan sebelumnya. Buatlah hal ini menjadi kebiasaan karena dapat berpengaruh baik kepada kehidupan kita.







Itu dia tadi berbagai hal yang dapat dilakukan untuk mengatur waktu bagi Store Head agar menjadi lebih efisien. Intinya, kata yang harus diingat adalah disiplin. Awali disiplin dari diri sendiri, atur manajemen waktunya, baru bisa mengatur promotor dan membuatstore menjadi yang terbaik. Kalau punya tips lain, isi kolom komentar di bawah yaa.

One comment

Leave a Reply